Apakah Saya Perlu Pakai Behel? Jika Gigi Depan Tidak Rata?

By | December 5, 2020

Permasalahan gigi bukan hanya berlubang atau terdapat plak saja, namun beberapa orang juga mempunyai struktur gigi yang kurang rata pada bagian depan. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu masalah yang bisa membuat kepercayaan diri semakin berkurang. Saat ini memang sudah banyak alat merapikan gigi seperti behel, aligner dan lain-lain. Namun, tidak semua orang menggunakan alat-alat tersebut sebagai alat merapikan gigi saja. karena bentuknya unik bahkan ada yang transparan, alat perapi gigi tersebut seringkali dipakai untuk melengkapi gaya hidup atau style.

Saat ini, banyak orang yang sering bertanya “Apakah saya perlu pakai behel?” ketika mempunyai struktur gigi depan tidak rata. Tidak bisa dipungkiri bahwa gigi memang menjadi salah satu penunjang penampilan yang wajib untuk diperhatikan. Namun, untuk mengetahui kamu seharusnya pakai behel atau tidak sebaiknya cermati informasi singkat berikut ini.

Mid Island Dental Arts - Invisalign Clear Aligners - Levittown, NY - Clear Aligners

Ciri Khusus Gigi Abnormal

Secara umum, gigi yang abnormal atau mempunyai kelainan bisa dilihat secara kasat mata baik bentuk dan strukturnya. Menurut dunia orthodonti atau kedokteran gigi, ada beberapa jenis gigi abnormal yaitu:

  • Open Bite Teeth

Gigi dengan keadaan open bite menyebabkan ada jarak vertical pada gigi bagian depan ( tonggos) sehingga terlihat tidak rata dan gigi terlihat menonjol ke depan serta akan sedikit kesulitan jika ingin menutup mulut dengan rapat..

  • Gapped Teeth

Kondisi ini menyebabkan adanya jarak atau rongga antara gigi satu dengan lainnya. Pada beberapa orang, keadaan gigi berongga menyebabkan ketidaknyaman saat mengkonsumsi makanan tertentu karena makanan bisa saja tersangkut pada rongga gigi sehingga membutuhkan usaha yang lebih ekstra untuk membersihkannya.

  • Overcrowding

Gigi dengan keadaan Overcrowding, membuat struktur gigi menjadi lebih rapat dan berjejal. Gigi dengan kelainan seperti ini, umumnya bisa dirapikan dengan behel atau aligner.

  • Anterior Crossbite

Gigi dengan kategori anterior crossbite, mengakibatkan rahang pada bagian atas tidak sama dengan rahang bagian bawah.  Jadi, gigi rahang atas  terlihat lebih menonjol ke depan dengan bentuk tidak rata.

  • Maloklusi Gigi

yaitu suatu kondisi yang menyebabkan gigi sulit untuk direstorasi atau mendapat perawatan.Umummnya maloklusi menyebabkan gigi menjadi tidak rata serta mempunyai bentuk yang kurang beraturan sehingga sedikit untuk perawatan dengan menggunakan behel atau alat perapi gigi lainnya.

  • Deep Bite

Gigi dengan kategori deep bite, gigi pada bagian depan atas mengalami tumoang tindih dengan gigi depan pada bagian bawah.

Gigi dengan kelainan yang sudah disebutkan diatas, umumnya bisa diatasi dengan behel atau alat merpaikan gigi yang lebih modern yaitu aligner. Namun, jangan asal pilih karena saat ini sudah banyak barang palsu yang beredar sehingga apabila kurang teliti bukan tidak mungkin kamu akan tergiur dengan alat merapikan gigi dengan harga murah namun mempunyai efek samping yang merugikan bagi penggunanya.

Berkonsultasi Dengan Dokter Gigi

Banyak orang yang sering menanyakan “apakah saya perlu pakai behel?” saat merasa gigi tidak rata. Oleh sebab itu,jika kamu merasa mempunyai gigi dengan kondisi yang tidak rata pada bagian depan dan sedang kebingungan untuk memasang behel atau tidak, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi agar nantinya bisa mengetahui keterangan lebih jelas mengenai kesehatan gigi serta mendapatkan saran serta penanganan yang tepat.

The Benefits of Perfecting Your Smile with ClearCorrect® Clear Aligners: Lifetime Dental Care: Cosmetic & General Dentistry

Melalui konsultasi yang sudah dilakukan, tentunya dokter akan memberikan keterangan dengan jelas terkait perlu memasang behel atau tidak. Hal tersebut biasanya dilihat dari keadaan gigi pasien, apabila kondisi ketidakrataan gigi sudah terlihat mengkhawatirkan tentunya akan disarankan untuk memasang behel atau penanganan lain yang tentunya disesuaikan dengan kondisi kamu.

Jangan Asal Pasang Behel

Jawaban dari pertanyaan “apakah saya perlu pakai behel” tentunya bisa diputuskan oleh diri sendiri. Yang terpenting, jangan asal memasang behel sekedar ingin mengikuti trend saja. Apabila dianggap perlu memasang behel maka usahakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gigi.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa behel juga menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang di jaman millennial ini, karena selain bisa membuat gigi menjadi lebih rapi behel juga mampu membuat penampilan terkesan unik. Namun, pastikan kamu mengetahui efek samping yang bisa di dapatkan apabila memasang behel diantaranya nyeri gigi dan  juga sariawan.

Namun, jika ingin yang lebih praktis saat ini juga sudah tersedia alat merapikan gigi lainnya yaitu aligner yang dibuat dengan bahan plastic khusus dan tentunya ramah di gusi. Adapun cara pemasangannya juga cukup mudah karena di desain seperti bentuk gigi, jadi bisa dipasang secara mandiri tanpa bantuan alat khusus. Selain itu, alat merapikan gigi jenis aligner juga bisa dilepas apabila diperlukan  jadi lebih fleksibel.

Perhatikan Faktor Kebutuhan 

Sebelum terlalu pusing memikirkan “apakah saya perlu pakai behel?”maka lihat terlebih dahulu kondisi gigi. Apabila kondisi gigi masih baik-baik saja serta tetap bisa percaya diri menjalani rutinitas sehari-hari, maka sebaiknya pikirkan ulang rencana untuk memasang behel. Karena, tentunya memasang behel bekum masuk dalam daftar kebutuhan prioritas.

Sedangkan, jika gigi yang tidak rata tersebut mengakibatkan rasa percaya driri menurun serta ada efek samping serius apabila tidak segera ditangani. Maka, memasang behel perlu dilakukan agar gigi menjadi lebih rapi dan membuat kepercayaan diri semakin meningkat.

Perhatikan Faktor Biaya

Hal lain yang perlu diperhatikan apabila ingin memasang behel yaitu factor biaya, karena dalam pemasangan behel membutuhkan dana yang tidak sedikit. Hal tersebut bisa terjadi karena, untuk memasang behel dibutuhkan alat khusus serta tenaga ahlii dalam bidangnya. Untuk harga behel sendiri bermacam-macam, tergantung dari model syang kamu pilih.

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan dana untuk kebutuhan visitasi dokter minimal sebulan sekali. Karena, setiap bulan perlu melakukan kontrl rutin untuk melihat kondisi gigi serta mengganti karet pada bracet. Adapun tujuannya agar  behel mampu bekerja dengan maksimal dalam menarik gigi dalam posisi yang di ingnkan.

Perhatikan Faktor Kenyamanan

Memasang behel artinya kamu juga harus bisa melakukan adaptasi terhadap alat tersebut, karena ketika lat tersebut sudah dipasang maka harus benar-benar menajaga kebersihan gigi dan muut. Selain itu, behel juga bisa membuat penampilan sedikit berubah. Jadi, diperlukan kepercayaan diri agar nantinya tetap bebas menjalani rutinita tanpa rasa kjhawatir terhadap penampilan.

Jadi, jawaban untuk “apakah saya perlu pasang behel?” Sebenarnya, kamu bisa menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Apabila dianggap perlu maka memasang behel bukan menjadi masalah yang perlu di pusingkan asalkan sudah berkonsultasi dengan dokter gigi sebelumnya

Apabila kurang nyaman jika harus menggunakan behel, jangan khawatir karena saat ini ada alat bernama aligner yang mampu bekerja secara optimal untuk merapikan gigi tentunya tanpa rasa sakit dan mempunyai bentuk menyerupai gigi. Ingin mendapatkannya? Segera hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *